7 Juli 2013

Maskot 'Elang Bondol-Salak Condet' Jakarta

 
Maskot Jakarta? Ada yang jawab Monas, dan ada juga yang jawab Ondel-ondel. Cuma sebagian kecil saja yang jawab Elang Bondol-Salak Condet, padahal sejak 1989 udah ditetapkan klo Elang Bondol-Salak Condet sebagai maskot Jakarta.
Perlu pembaca tahu sebenarnya Elang Bondol bukan satwa endemik Jakarta, elang bondol adalah nama yang diberikan masyarakat Jakarta yang bernama latin Haliastur Indus. Elang bondol  juga termasuk dalam keluarga burung pemangsa, namun dalam rantai makanan elang tersebut juga menjadi mangsa bagi predator lain. Habitat dari elang bondol itu sendiri kebanyakan di daerah pantai, daratan berair, hutan, maupun dataran rendah. Elang bondol juga dapat kita jumpai di beberapa Negara yaitu India, China Selatan, Filipina, dan Australia.
Sedangkan salak condet, buah ini dapat kita temui di daerah Condet Jakarta Timur. Berbeda dengan elang bondol, salak condet merupakan buah asli kota Jakarta. Kini, keberadaan salak condet dan elang bondol ini terbilang hampir punah dan sulit sekali untuk kita jumpai, maka dari itu kita sebagai warga Jakarta harus turut serta melestarikan mascot kota ini yaitu “Elang Bondol dan Salak Condet”.
 
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar