16 April 2013

Tahap-Tahap Pembinaan di Paskibra Jakarta Timur

Paskibra Jakarta Timur didirikan untuk membina para Pelajar Jakarta Timur dengan berbagai kegiatan yang bersifat “kewiraan” seperti : ketahanan nasional, pendidikan bela negara, memupuk rasa cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme. Kegiatan pembinaan yang dilakukan seperti baris-berbaris, tata upacara bendera serta perlakuan terhadap sang merah putih. Sedangkan pola pembinaannya menitik beratkan kepada pengembangan sosial seperti : kepemimpinan, manajemen, administrasi, organisasi, membangun ketahanan kelompok (team building). 

Disamping itu pengembangan diri juga diberikan untuk pembinaan terpenting menyangkut pembinaan individu untuk masa depan seperti : pengembangan motivasi berprestasi, pengembangan etika dan moral (attitude), percaya diri, jiwa berkompetisi dan lainnya Paskibra Jakarta Timur memiliki pola pembinaan yang Berjenjang, bertingkat dan berkelanjutan yangitu merupakan suatu rangkaian pendidikan dan latihan yg dibentuk dari suatu tahap pembinaan yang berjenjang atau tingkatan. Pola pembinaan meliputi pembinaan fisik, mental dan intelektual. Pengembangan kemampuan tersebut dibuat dalam suatu rangkaian pembinaan yang terstruktur. Tahap-tahap pembinaan di Paskibra Jakarta Timur, meliputi :
Berjenjang, artinya memiliki tahap di setiap pembinaannya yaitu memiliki 6 tingkatan pembinaan : 
  1. Paskibra Sekolah
  2. Siswatama
  3. Siswatama Gladian Central
  4. Asisten Instruktur
  5. Instruktur Muda 
  6. Instruktur
Bertingkat, artinya memiliki keterkaitan antara tingkatan yang satu dengan tingkatan yang lainnya. 
Berkelanjutan, yang berarti berkesinambungan dari tahap awal (paskibra sekolah) sampai tahap akhir (instruktur).


Tahap-tahap pembinaan di Paskibra Jakarta Timur, meliputi :
  • Pembinaan Mula, yaitu pembinaan yang dilaksanakan oleh sekolah anggota Paskibra Jakarta Timur, seperti perekrutan anggota baru, proses pelatihan s/d pelantikan anggota Paskibra Sekolah.
  • Pembinaan Dasar, yaitu pembinaan yang dilaksanakan oleh Paskibra Jakarta Timur dimulai saat pelaksanan Latihan Gabungan seluruh anggota Paskibra sekolah yang tergabung dalam Paskibra Jakarta Timur s/d pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswatama (pelantikan Siswatama)
  • Pembinaan Menengah, yaitu pembinaan yang dilakukan oleh Paskibra Jakarta Timur yang sudah memasuki kegiatan pembinaan para calon pelatih paskibra sekolah yang pelaksanaannya dimulai saat latihan rutin yang diakhiri saat kegiatan Gladian Central.
  • Pembinaan Lanjutan, yaitu pembinaan yang sudah memasuki proses kepemimpinan yang terprogram dan dilakukan dalam waktu yang cukup panjang, kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk melatih para calon pemimpin yang sanggup melakukan berbagai kegiatan yang diadakan oleh Paskibra Jakarta Timur. Pada saat pembinaan ini dilakukan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi seperti pemberian materi oleh para instruktur, magang pada pelatihan sekolah, proses pembuatan karya tulis, perjalanan pengembaraan (long march) Jakarta-Bogor, diakhiri dengan kegiatan pelantikan Asisten Instruktur.
  • Pembinaan Terapan, pembinaan yang bersifat lebih mengaplikasikan apa yang sudah dimiliki, dan perjalanan panjang pengabdian kepada Paskibra Jakarta Timur, pembinaan pada tahap ini diakhiri saat pengangkatan menjadi Instruktur Muda.

Sumber :  
http://paskibrajt.blogspot.com/2010/07/paskibra-jakarta-timur-didirikan-untuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar