28 Mei 2013

Asal Mula Nama CAWANG


Banyak cerita di balik nama sebuah tempat wilayah di Jakarta. Salah satunya yang menarik untuk disimak adalah kawasan Cawang Jakarta Timur. 
Warga sekitar masih mempercayai bahwa nama Cawang tak lepas dari keberadaan cawan raksasa pada zaman dahulu. Sedangkan tokoh Betawi Condet bertutur bahwa nama Cawang tak lepas dari nama seorang warga pribumi yang dipercaya menjaga kawasan sekitarnya oleh Belanda.
Cawang merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur. Dikenal dengan sebutan Cawang, konon berawal dari nama seorang Letnan Melayu yang mengabdi kepada Kompeni bernama Enci Anwar. Namun penduduk sekitar mengenalnya dengan Enci Awang.
Letnan Enci Awang adalah bawahan dari Kapten Wan Abdul Bagus, yang bersama pasukannya bermukim di Kampung Melayu, sebelah selatan Jatinegara. Nama Enci Awang lambat laun berubah menjadi C’Awang dan abadi menjadi nama Kelurahan di Kecamatan Kramatjati.
Pendapat lain menyebutkan, Cawang berasal keberadaan cawan raksasa sebelum Belanda datang ke Pulau Jawa. Lama kelamaan, cawan raksasa itu berubah menjadi daerah yang sekarang bernama Cawang. Cawan rakrasa ini bisa terlihat dari kontur geografis kawasan tersebut yang menyerupai cawan, mulai Jalan MT Haryono ke Jalan Dewi Sartika terdapat cekungan yang cukup dalam layaknya sebuah cawan.
Cerita ini memang sulit dinalar logika. Namun warga sekitar percaya cerita asal usul Cawang yang berasal dari Cawan, menjadi cerita yang mengilhami lahirnya kawasan kawasan yang menjadi langganan macet dan banjir jika musim penghujan tiba.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar