9 Mei 2013

Kesenian Tradisional Wayang


Wayang adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang sudah dikenal sejak zaman prasejarah. Sebelum pengaruh Hindu, Islam dan yang lainnya masuk ke Indonesia, masyarakat kita sudah mengenal wayang. Seiring dengan masuknya budaya Hindu, Islam, Kristen dan juga budaya China, perkembangan kesenian wayang pun semakin beragam. Bahkan pertunjukkan wayang tidak hanya berfungsi sebagai hiburan saja, tetapi juga sebagai media untuk menyampaikan ajaran agama dan pendidikan moral. Hingga saat ini kita mengenal banyak jenis dari wayang, mulai dari wayang kulit,wayang golek,wayang beber dan lain-lain. Jenis wayang bisa dibedakan dari bahan pembuatnya, cerita yang diambil dan juga daerah asal. Masing-masing jenis wayang memiliki ciri khas tersendiri, dan menjadikan kesenian wayang semakin beragam dan  indah.




Bahan Pembuat Wayang

Berdarkan bahan yang digunakan untuk membuat wayang, wayang terdiri atas:



Wayang Kulit

Wayang yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang masih muda. Lembaran kulit kerbau/sapi yang sudah siap dipakai dibuat pola, kemudian dipahat sesuai bentuk wayang yang dinginkan kemudian disungging (diwarnai). Wayang kulit adalah salah satu jenis wayang yang paling terkenal di Indonesia.



Wayang Golek

Wayang ini terbuat dari kayu. Wayang golek terkenal di daerah Pasundan. Cerita yang diambil biasanya bersumber dari cerita Ramayana dan Mahabharata seperti halnya Wayang Kulit.



Wayang Wong (Orang)

Sebenarnya untuk wayang wong bukan dari bahan pembuatnya, tetapi wujud wayangnya. Wayang wong atau wayang orang adalah wayang yang diperankan oleh manusia. Cerita yang diambil biasanya adalah cerita Ramayana dan Mahabharata.



Wayang Beber

Wayang beber adalah wayang yang dilukisakan pada gulungan kain. Wayang beber mengambil cerita dari Ramayana dan Mahabharata.



Wayang Krucil

Wayang Krucil atau Wayang Klithik adalah wayang yang terbuat dari kayu dan bentuknya pipih/tipis.



Wayang Suket

Wayang Suket adalah wayang yang terbuat rumput, dalam bahasa jawa “suket”. Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.



Wayang Kidang Kencana

Wayang kidang kencana adalah wayang yang terbuat dari kulit sapi, namun bedanya adalah ukurannya lebih kecil dibandingkan wayang kulit.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar