27 Juni 2013

Sarinah, Mal Tertua di Indonesia


Sering dengar nama Sarinah? Kalau Anda yang tinggal di Jakarta pasti tahu Sarinah itu apa? Sarinah adalah sebuah salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sering pula dikenal dengan nama Plaza Sarinah atau Wisma Nusantara. Sarinah sudah mulai dibangun pada 17 Agustus 1962, bertepatan pada hari kemerdekaan Indonesia ke-17. Pendirian Sarinah sendiri diprakarsai oleh sang Pemimpin Besar Revolusi Indonesia, Presiden Sukarno. Sukarno sendiri mempunyai gagasan ini setelah ia pulang dari lawatan kunjungan ke Luar Negeri terutama seperti Uni Soviet, Cekoslovakia, dan Amerika Serikat yang sudah lebih dulu memiliki pusat perbelanjaan. 


Gedung Sarinah yang saat ini berdiri sesungguhnya dibangun dari biaya rampasan perang pemerintahan Jepang. Sarinah Department Store resmi dibuka oleh Presiden Sukarno pada tanggal 15 Agustus 1966.
Dalam perjalanannya Sarinah juga mengalami pasang surut. Bahkan pada tahun 1984 gedung Sarinah pernah mengalami kebakaran. Namun karena didorong oleh keinginan untuk melayani masyarakat, Sarinah yang telah menjadi aset nasional terus bangkit kembali.
Kenapa menggunakan nama Sarinah? Sarinah adalah ibu asuh Bung Karno waktu kecil. Oleh karena itu untuk menghormati jasanya ia namakan pula pusat perbelanjaan atau Mal pertama di Indonesia ini dengan nama Sarinah. 
Saat ini Sarinah dikelola oleh sebuah Perusahaan Perseroan yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT SARINAH (PERSERO). Selain di Jl. MH Thamrin, PT SARINAH (PERSERO) sudah membuka Sarinah Department Store di tempat lainnya, diantaranya :
  • Sarinah Department Store Pejaten, Jakarta Selatan
  • Sarinah Department Store Basuki Rachmad, Malang
  • Sarinah Department Store Kraton, Yogyakarta 
PT SARINAH (PERSERO) sekarang ini mempunyai 2 (dua) anak perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan dan valas, yaitu :
  1. PT Sariarthamas Hotel Internasional (Hotel Sari Pan Pacific Jakarta)
  2. PT Sari Valas


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar