25 Juni 2013

Transjakarta Busway



Sistem Transjakarta Busway
Sistem Transjakarta Busway terdiri dari sarana dan prasarana yang memadai, sistem operasi dan pengendalian bus yang efektif, sistem tiket yang terkomputerisasi, sistem pengamanan yang handal dan petugas yang terlatih. Mulai dari perencanaan, pembangunan dan pengelolaan sistem Transjakarta disediakan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta, sementara kegiatan operasional bus, operasional tiket dan kegiatan penunjang lainnya dilaksanakan bekerjasama dengan pihak operator.
Operator bus yang melayani di koridor busway, yaitu :
  1. PT. Jakarta Exspress Trans
  2. PT. Trans Batavia
  3. PT. Jakarta Trans Metropolitan
  4. PT. Jakarta Mega Trans
  5. PT. Primajasa Perdanaraya Utama
  6. PT. Eka Sari Lorena Transport
  7. PT Bianglala Metropolitan
  8. PT Trans Mayapada Busway
  9. Perum Damri
Transjakarta busway memiliki 215 halte disepanjang sebelas koridor busway dengan ketinggian platform 110 centimeter dari tinggi permukaan jalan agar tersedia akses yang rata dengan bus. Setiap halte busway dilengkapi dengan akses untuk pejalan kaki yang terhubung dengan jembatan penyeberangan orang, yang dirancang khusus untuk mempermudah pengguna layanan busway. Sarana dan prasarana di halte ada loket pembelian tiket, dan pintu barrier sebagai jalan masuk dan jalan keluar bagi pengguna jasa layanan. Selain itu disediakan fasilitas tempat sampah, informasi rute dan pintu otomatis untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat menunggu di halte.
Saat ini jumlah armada bus 669 unit dioperasikan berdasarkan rencana operasi yang terjadwal di 12 koridor. Bus yang diberangkatkan pada titik awal diatur sesuai dengan waktu yang telah ditentukan baik pada jam sibuk maupun jam tidak sibuk. Selain rute regulator Koridor 1 sampai dengan 12, untuk meningkatkan pelayanan dan mengurangi kepadatan penumpang di halte transit, maka Unit Pengelola Transjakarta Busway menambah rute-rute langsung yang berdasarkan sistem jaringan dan dapat diakses penumpang sesuai dengan tujuan perjalanannya.
Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam operasional busway sekitar 6000 orang yang terdiri dari pramudi, petugas pengamanan, petugas tiket dan petugas kebersihan.



Koridor Transjakarta 

Ada 12 koridor yang sudah beroperasi yaitu :
  1. Rute Blok M - Kota
  2. Rute Pulogadung - Harmoni
  3. Rute Kalideres - Harmoni
  4. Rute Pulogadung - Dukuh Atas
  5. Rute Ancol - Kampung Melayu
  6. Rute Ragunan - Dukuh Atas
  7. Rute Kp. Rambutan - Kp. Melayu
  8. Rute Lebak Bulus - Harmoni
  9. Rute Pluit - Pinang Ranti
  10. Rute Cililitan - Tj. Priok
  11. Rute Kampung Melayu - Walikota Jakarta Timur
  12. Rute Pluit - Tj. Priok
Pengelola Unit Transportasi Transjakarta Busway akan menambah koridor baru dalam waktu dekat. Tiga koridor yang akan dioperasikan yaitu 13, 14, dan 15 akan dibuat melayang atau elevated. Rutenya mana saja ?
  • Koridor 13 : rute Blok M - Pondok Kelapa
  • Koridor 14 : rute Manggarai - Universitas Indonesia (Salemba)
  • Koridor 15 : rute Ciledug - Blok M.
Menambah koridor bus Transjakarta melayang merupakan salah satu solusi mengurangi kemacetan di Jakarta, selain untuk mempermudah akses para pengguna transportasi massal untuk bepergian dari satu titik ke titik yang lain.
Selain penambahan koridor, penambahan armada pun akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan. Khusus tahun ini, Transjakarta sendiri akan meluncurkan 76 bus gandeng baru yang akan dioperasikan di beberapa koridor. Transjakarta telah mendapatkan kontrak dengan PT Bianglala selaku pemasok puluhan unit bus tersebut, dengan membayar fee Rp 19.000 per km per bus selama 7 tahun. 


Sistem Feeder Transjakarta Busway
Feeder Busway adalah sistem angkutan penumpang umum yang terintegrasi dengan koridor busway. Guna mengakomodir transportasi masyarakat yang beraktifitas di kawasan sentra bisnis namun belum terhubung dengan jalur busway, maka dioperasikan bus pengumpan (feeder bus) pada tanggal 28 September 2011.
Dasar hukum Feeder Busway berdasarkan :
  • Instruksi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2011 tentang Kontrak Kerjasama Pekerjaan Operator Feeder Busway Rute 1, Rute 2, Rute 3 Tanggal 18 Juli 2011
  • Perjanjian Kerjasama Pekerjaan Operator Feeder Busway Rute 1, Rute 2, Rute 3 antara Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dengan Operator Feeder Nomor 355/-1.811.125 Tanggal 24 Juni 2011
  • Perjanjian Pengoperasian Armada Bus Pengumpan (Feeder) Rute 1, Rute 2, Rute 3 antara Unit Pengelola Transjakarta Busway dengan PT Eka Sari Lorena Transport Nomor 083/-077.922 Tanggal 26 September 2011
 
Feeder Rute 1 :
Halte RS Puri Indah, Halte Walikota Jakarta Barat, Undakan Puri sisi Utara, Undakan Puri sisi Selatan, Halte Sekolah Budi Murni, Halte SDN 01 Kedoya Utara, Halte Polsek Kedoya Utara, Undakan Pilar sisi Timur, Halte Pesanggrahan sisi Timur, Halte Busway Green Garden, Halte Busway Taman Kota.
 
Feeder Rute 2 :
Halte Jatibaru, Halte Abd. Muis sisi Barat, Undakan Tugu Tani, Undakan Balai Kota, Halte Telokm, Halte Abd. Muis sisi Timur, Undakan Blok A Ps. Tanah Abang, Halte Busway Monas, Halte Busway Balai Kota, Halte Busway Gambir 2.

Feeder Rute 3 :
Halte Komdak, Halte Gelora, Halte Plaza Senayan, Halte Senayan City, Undakan SCBD, Halte Busway Bundaran Senayan, Halte Busway Semanggi.

Download :


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar